Memahami Konsep Ilmu Nahwu

Posted on

Ilmu nahwu merupakan salah satu disiplin ilmu bahasa Arab yang merupakan ekstensi dari ilmu shorof itu sendiri. Jika ilmu shorof merupakan sebuah ilmu yang focus membahas secara dasar mengenai perubahan-perubahan kata kerja, maka pembahasan dalam ilmu nahwu akan lebih luas dari itu.  Oleh karenanya mengapa ilmu nahwu merupakan ekstensi dari ilmu shorof.

Dalam mempeajari ilmu nahwu setidaknya kita sangat dianjurkan untuk menguasai terlebih dahulu tentang ilmu shorof, karena ini kaitannya sangat erat. Ilmu shorof merupakan sebuah basic dan kunci utama yang harus Anda pegang sebelum Anda mempelajari cabang disiplin ilmu bahasa Arab yang lainnya. Perubahan-perubahan kata kerja pada ilmu shorof dan struktur kalimat akan diulas lebih dalam pada ilmu nahwu. Sehingga apabila seorang yang buta sepenuhnya terhadap ilmu shorof, kemudian langsung beranjak mempelajari ilmu nahwu, saya jamin ZONK hasilnya.

Baca juga  Memahami Konsep Ilmu Shorof

Jika diibaratkan dalam dunia IT web development, ilmu shorof diibaratkan dengan HTML dan CSS sedangkan ilmu nahwu diibaratkan dengan bahasa pemrograman PHP. Jika seseorang sepenuhnya buta terhadap HTML, saya jamin dia akan BINGUNG dan akan mencari tau serta mempelajari terlebih dahulu mengenai konsep dan kegunaan dari HTML tersebut.

Untuk membuat suatu web, berbekal dengan pengetahuan yang luas mengenai HTML saja sangatlah tidak cukup, Anda setidaknya harus bisa memahami bahasa pemrograman web seperti PHP untuk server side, sedangkan untuk client side, Anda harus memahami JavaScript. Pun sama halnya dalam bahasa Arab, agar bisa memahami kitab gundul, berbekal dengan pengetahuan ilmu shorof semata sangatlah tidak cukup, Anda harus menguasai ilmu nahwu juga agar Anda bisa membaca dan memahami kitab bahasa Arab gundul.

Baca juga  Mengapa Belajar Bahasa Arab Dianggap Sulit Oleh Kebanyakan Orang?

Jadi, singkatnya ilmu nahwu adalah ilmu yang membahas tentang struktur kalimat bahasa Arab. Dengan menguasai ilmu ini, Kita mampu menyusun kalimat yang sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Arab.

Adapun kitab ilmu nahwu yang dipakai pada kursusarabic.com adalah kitab Nahwul Wadhih yang terdiri dari 3 jilid:
1. Kitab Nahwul Wadhih 1
2. Kitab Nahwul Wadhih  2
3. Kitab Nahwul Wadhih  3

Baca juga  Memahami Konsep Kitab Al-Arobiyyah Lin Nasyi’in

Itulah sekilas pembahasan mengenai bahasa Arab. Bagi kamu yang ingin mempelajarinya lebih dalam, kamu bisa memulai belajar bahasa Arab di kursusarabic.com. Berikut informasi mengenai kursus belajar bahasa Arab di kursusarabic.com yang bisa kamu peroleh di dalamnya:

1. Selayang Pandang Tentang KursusArabic.com
2. Program Belajar Bahasa Arab di KursusArabic.com
3. Tim Pengajar KursusArabic.com
4. Pendaftaran Belajar Bahasa Arab di KursusArabic.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *