Al-‘arobiyyah LinNasyi’in


Kitab Al-‘arobiyyah LinNasyi’in merupakan sebuah kitab bahasa arab yang melibatkan ilmu nahwu dan shorof yang kemudian dikemas secara khusus dalam bentuk artikel atau percakapan.

Terdiri dari 6 jilid, kitab ini ditulis dengan menggunakan bahasa Arab. Dasar-dasar ilmu nahwu dan shorof yang telah dibahas pada kitab Nahwul Wadhih dan Kitab At-tashrif dilibatkan secara mutlak dan menyeluruh sehingga memungkinkan kita untuk menguasai bahasa Arab dan penerapan kaidah-kaidah ilmu nahwu dan shorof sepenuhnya.

Afdholnya, kitab ini ditujukan bagi yang sudah menguasai ilmu shorof dan nahwu dari kitab At-tashrif dan kitab nahwul wadhih, agar ketika kita mempelajarinya, kita bisa terbebas dari banyak pertanyaan yang seharusnya tidak perlu ditanyakan. Cukup dengan menguasai kitab At-tashrif dan kitab nahwul wadhih, pada hakekatnya Anda sudah bisa mempelajari buku ini secara otodidak hanya dengan bermodalkan kamus bahasa Arab.

Kitab At-Tashrif

Kitab at-tashrif yang dikarang oleh Hasan bin Ahmad merupakan sebuah kitab dasar yang secara khusus di dalamnya membahas tentang perubahan-perubahan kata kerja dalam bahasa Arab. Sangat disarankan bagi pemula yang ingin mempelajari bahasa Arab untuk mempelajari dan menguasai buku ini terlebih dahulu sebelum beranjak mempelajari kitab-kitab bahasa Arab yang lainnya.

Terdiri dari tiga jilid, kitab ini ditulis dengan menggunakan tulisan Arab Melayu. Dasar-dasar perubahan kata kerja dibahas secara terstruktur dan sistematis sehingga memungkinkan kita untuk menguasai konsep dasar ilmu shorof dengan jelas.

Nahwul Wadhih

Kitab Nahwul Wadhih yang dikarang oleh Ali Al-Jarim dan Mushthafa Amin merupakan sebuah kitab dasar ilmu nahwu yang secara khusus di dalamnya membahas tentang kaidah-kaidah bahasa Arab. Sejatinya, ilmu nahwu merupakan ekstensi dari ilmu shorof itu sendiri, oleh karenanya, sangat disarankan bagi yang ingin mempelajari ilmu nahwu agar terlebih dahulu menguasai ilmu shorof.

Terdiri dari tiga jilid, kitab ini ditulis dengan menggunakan bahasa Arab. Dasar-dasar kaidah bahasa Arab dibahas secara terstruktur dan sistematis sehingga memungkinkan kita untuk menguasai konsep dasar ilmu nahwu dengan jelas.

Bagi pemula yang tidak bisa bahasa Arab tak perlu risau dengan buku ini. Kitab ini pada hakekatnya ditujukan bagi pemula yang sudah menguasai dasar dari ilmu shorof. Cukup dengan menguasai dasar dari ilmu shorof, Anda bisa mempelajari buku ini dengan mudah meskipun ia ditulis dengan menggunakan bahasa Arab