Tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun Beserta Penjelasannya

Tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun Beserta Penjelasannya

Posted on

Tulisan Arab innalillahiwainnailaihirojiun nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga kita ya guys? Setiap kita mendapatkan kabar duka di WhatsApp misal, pasti kita mengirimkan tulisan Arab innalillahiwainnailaihirojiun beserta penjelasannya sebagai tanda duka kita sekaligus doa kebaikan atas musibah yang dialaminya. Nah, dibalik powerfullnya tulisan Arab innalillahiwainnailaihirojiun tersebut, kamu tau gak sih guys bahwa tulisan tersebut merupakan salah satu tulisan arab populer di antara sekian banyak tulisan arab yang sering dipakai oleh banyak orang.

Kalau kita perhatikan secara seksama sob, kita pasti akan mendapati bahwa tulisan Arab terbagi menjadi dua macam:

1. Tulisan Arab yang menitikberatkan pada ungkapan.
2. Tulisan Arab berbentuk kaligrafi.

Tulisan Arab yang menitikberatkan pada ungkapan bentuknya bisa berupa kosakata bahasa Arab, percakapan bahasa Arab, juga pidato bahasa Arab, yang mana untuk mendalami tulisan Arab macam ini kita perlu belajar dasar bahasa Arab terlebih dahulu.

Adapun tulisan Arab yang menitikberatkan pada kaligrafi, yaitu tulisan Arab yang menonjolkan sisi keindahan tulisannya tanpa memperhatikan kemudahan membacanya. Oleh karenanya, mengapa seringkali kita dapati banyak dari tulisan Arab berbentuk kaligrafi tapi tak jarang bentuk tulisannya cukup susah untuk dibaca oleh orang-orang awam. Untuk mendalami tulisan Arab macam ini, sobat tak perlu belajar dasar bahasa Arab, sobat cukup jadi seniman saja.

So, tulisan Arab innalillahiwainnailaihirojiun macam apa yang sedang Anda cari saat ini?

Jika sobat sedang mencari tulisan kaligrafi Arab innalillahiwainnailaihirojiun, berikut saya sertakan beberapa kaligrafinya di bawah ini:
Tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun Beserta Penjelasannya Tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun Beserta Penjelasannya Tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun Beserta Penjelasannya Tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun Beserta Penjelasannya

Baca juga  Kumpulan Tulisan Arab yang Sering Dipakai

Sedangkan bagi sobat semuanya yang saat ini sedang mencari tulisan Arab innalillahiwainnailaihirojiun beserta penjelasannya, makna dan hikmahnya, maka sobat bisa baca artikel ini sampai tuntas.

Tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun Beserta Penjelasannya

Jika disebutkan kata Innalillahiwainnailaihirojiun, apa yang sebenarnya terlintas di benak sobat? Sebagian orang menganggap bahwa kata tersebut identik dengan orang meninggal, ada lagi yang mungkin beranggapan bahwa kata tersebut identik dengan kecelakaan, dan masih banyak lagi alasannya.

Sebenarnya, apa yang sobat ungkapkan mengenai tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun dari musibah, orang meninggal, dan kata-kata lain sejenisnya, semuanya benar. Hanya saja, makna yang paling tepat untuk menjelaskan tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun adalah sebuah ungkapan duka yang mengungkapkan terjadinya suatu musibah secara umum.

Ketika ada teman kita yang meninggal, kita kirim tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun sebagai ungkapan duka dan bela sungkawa. Ketika ada teman kita yang kecelakaan misal, kita kirim juga tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun via WA. Apapun bentuk musibah yang kita alami, islam menganjurkan kita semua untuk mengucapkan Innalillahiwainnailaihirojiun.

Tulisan Innalillahiwainnailaihirojiun sendiri berasal dari bahasa Arab, yang mana apabila kata tersebut diartikan, maknanya adalah, “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami dikembalikan”. Tulisan Innalillahiwainnailaihirojiun yang sering kita ucapkan dalam keseharian kita ini ternyata memiliki makna dan faedah yang sangat agung, di antaranya adalah:

1. Pasrah dan ridho di hadapan-Nya atas segala sesuatu yang menimpa kita
Begitu agungnya ciptaan Allah, langit, bumi dan segala apa yang ada di dalamnya, semuanya berjalan sesuai kehendak-Nya. Begitu dalamnya makna dari kalimat Innalillahiwainnailaihirojiun, yang menjelaskan kepada kita semua bahwa apabila Allah sudah berkehendak, maka kita hanya bisa pasrah, ikhlas dan lapang dada, karena semua yang ada di alam semesta ini semuanya milik Allah.

Baca juga  Tulisan Bahasa Arab Nama-Nama Bulan Hijriyah

2. Kalimat Innalillahiwainnailaihirojiun merupakan sebuah potongan doa dan ayat dalam Al-Quran.
Kalimat Innalillahiwainnailaihirojiun merupakan sebuah potongan doa yang dicontohkan oleh Rasulullah untuk kita ucapkan setiap kali kita mengalami berbagai macam bentuk musibah. Rasulullah bersabda:

ما من عبد تصيبه مصيبة فيقول : ” إنّا لله وإنّا إليه راجعون، اللهم أجرني في مصيبتي وأخلف لي خيرا منها ”  إلا أجره الله في مصيبته وأخلف له خيرا منها .

“Tidaklah seorang hamba yang ditimpa musibah, lalu mengucapkan : innna lillahi wa innaa ilaihi roji’un, Allahumma ‘jurni fi mushibati wa akhlif li khoiron minha (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kami akan kembali, ya Allah, berilah ganjaran dalam musibahku ini dan berilah ganti kepadaku dengan yang lebih baik darinya) niscaya Allah akan memberi ganjaran pada musibahnya, dan akan menggantikan dengan yang lebih baik darinya”.

Dalam ayat Al-Quran surat Al-Baqarah ayat disebutkan:

 {الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُواْ إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَ }البقرة156

“Yaitu apabila mereka tertimpa musibah, mereka berkata, “innna lillahi wa innaa ilaihi roji’un (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kami akan kembali)”.

3. Menutup pintu keluh kesah.
Dengan kita mengucapkan kalimat Innalillahiwainnailaihirojiun, maka secara tidak langsung kita telah berusaha menutup pintu keluh kesah sekaligus menghibur diri sendiri serta menguatkan hati kita bahwa semua yang terjadi tak lepas dari kehendak sang kuasa.

Baca juga  Tulisan Arab Assalamualaikum yang Benar

4. Mengamalkan amalan yang mulia.
Mengucapkan kalimat Innalillahiwainnailaihirojiun ketika terjadi musibah merupakan salah satu amalan mulia yang hendaknya diterapkan oleh setiap muslim dalam kehidupan sehari-harinya. Tidaklah Allah dan Rasul-Nya menganjurkan kita semua untuk mengerjakan suatu amalan, kecuali di dalamnya terdapat begitu banyak faedah besar yang bisa kita dapatkan di antaranya adalah seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Nah, itulah tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun beserta penjelasannya yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Tulisan-tulisan Arab lainnya yang mungkin bermanfaat bagimu, kamu bisa mendapatkannya melalui tautan ini.

Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi kaum muslimin semuanya di manapun mereka berada.

Bagi yang ingin belajar bahasa Arab lebih lanjut, kamu bisa belajar bahasa Arab di kursusarabic.com. Berikut informasi mengenai kursus belajar bahasa Arab di kursusarabic.com yang bisa kamu peroleh di dalamnya:

1. Selayang Pandang Tentang KursusArabic.com
2. Program Belajar Bahasa Arab di KursusArabic.com
3. Tim Pengajar KursusArabic.com
4. Pendaftaran Belajar Bahasa Arab di KursusArabic.com
5. Mulai belajar bahasa Arab dasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *